Karantina Kesehatan, Luwuk. Interest. About. Karantina Kesehatan. Interest. Luwuk. 0 people like this topic. Want to like this Page? Sign up for Facebook to. Sebelum menjabat sebagai Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan, Ditjen P2P pada tanggal 19 Februari , perempuan kelahiran. Karantina Kesehatan - Google+. Profile cover photo. Profile photo. Karantina Kesehatan. 3 followers. 3 followers. About. Posts. Looks like you've reached the.


KARANTINA KESEHATAN EPUB

Author: Mrs. Kaden Kub
Country: New Zealand
Language: English
Genre: Education
Published: 11 May 2014
Pages: 586
PDF File Size: 6.74 Mb
ePub File Size: 23.61 Mb
ISBN: 881-4-55784-555-1
Downloads: 88485
Price: Free
Uploader: Mrs. Kaden Kub

KARANTINA KESEHATAN EPUB


Karantina kesehatan, pppl, kemenkes

Dilatarbelakangi masih terdapatnya permasalahan dalam kegiatan ekspor hasil perikanan yang menyangkut aspek persyaratan negara tujuan ekspor dalam hal mutu, lemahnya pengawasan dan pengendalian karantina kesehatan produk perikanan tujuan ekspor yang berdampak masih terdapatnya penolakan produk perikanan asal Indonesia oleh negara tujuan, diperlukan langkah dan strategi untuk menciptakan sinergitas dua institusi yang mempunyai tugas pokok dan fungsi yang masing-masing berorientasi kepada keamanan pangan, perlindungan sumberdaya, pelayanan kepada masyarakat karantina kesehatan merupakan bagian dari sistem perdagangan, menjadi satu organisasi sebagai bentuk yang dianggap ideal guna mengemban misi dan tugas yang semakin berkembang.

Adapun dasar pemikiran yang melatarbelakangi perlunya dibentuk satu Badan yang dapat mengakomodir fungsi karantina dan pengedalian mutu hasil perikanan, yaitu: Konsekuensi Trend Globalisasi Karantina kesehatan GATT sekarang WTO yang merekomedasikan penghapusan secara bertahap subsidi domestik, subsidi ekspor, serta hambatan-hambatan terhadap akses pasar perizinan, kuota, tarif, penunjukan importir terbatas, dll telah melahirkan kesadaran baru bagi negara-negara di dunia akan arti pentingnya peran aturan-aturan teknis, khusus karantina ikan, dalam perdagangan internasional produk-produk pertanian, kehutanan, perikanan, dan pangan di masa mendatang.

Didorong oleh kesadaran tersebut, banyak negara-negara di dunia termasuk Indonesia, yang kemudian berupaya untuk memperkuat sistem perkarantinaan agar tidak dirugikan dalam era perdagangan bebas.

Upaya untuk memperkuat sistem perkarantinaan dan pengendalian mutu hasil perikanan tersebut dapat ditempuh melalui pembenahan terhadap semua aspek yang terkait dengan sistem tersebut, khususnya aspek: Lembaga ini mempunyai kewenangan pengaturan dan penerbitaan berbagai kesepakatan tentang mekanisme, prosedur-prosedur dan standar-standar internasional bidang kesehatan karantina kesehatan termasuk karantina kesehatan.

Oleh karena itu Sertifikat Kesehatan Karantina yang diterbitkan oleh unit pelaksana teknis karantina ikan diakui dan dapat berperan sebagai penjaminan kualitas produk perikanan quality guarantee.

Sertifikat Kesehatan Karantina Ikan, pada saat ini berperan sebagai penjamin kualitas produk perikanan quality gurantee. Selain hal- hal seperti tersebut di atas karantina ikan saat ini karantina kesehatan pada beberapa posisi strategis lain yaitu: Meningkatnya tanggung jawab karantina ikan untuk mengimplementasikan sistem elektronik dalam kerangka National Single Window NSW di lingkungan Kementerian Kelautan karantina kesehatan Perikanan.

  • Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
  • BKIPM - Sejarah Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan
  • PPK Online

Isu Strategis yang bersifat nasional karantina kesehatan global Adanya isu strategis yang bersifat nasional maupun global juga menjadikan bahan pemikiran terhadap pembentukan badan karantina ikan dan pengawasan mutu hasil perikanan.

Isu strategis tersebut antara lain: Akses pasar produk perikanan tidak dapat ditembus apabila tidak karantina kesehatan jaminan kualitas Quality Assurance.

Karantina kesehatan, pppl, kemenkes

Dengan jumlah penduduk yang kurang lebih juta jiwa, Indonesia merupakan pasar potensial bagi negara-negara produsen produk perikanan. Produk perikanan tersebut telah memasuki pasar Indonesia, yang karantina kesehatan memungkinkan membawa hama dan penyakit ikan karantina.

Sinyalemen ini menunjukkan bahwa Indonesia dalam keadaan terancam karantina kesehatan global. Setiap Negara telah berbenah diri dengan menyiapkan berbagai strategi dan manuver—manuver untuk dapat memanfaatkan peluang dalam menghadapi persaingan pasar bebas.

Selain berorientasi terhadap perlindungan sumber daya alam Indonesia, perluasan akses pasar melalui peningkatan ekspor juga menjadi fokus perhatian. DPR menilai fungsi lembaga Karantina Ikan sebagai salah satu benteng pertahanan dan perlindungan sumber daya ikan saat ini cukup signifikant karantina kesehatan dengan rentang kendali yang bersifat luas, nasional, dan strategis dibutuhkan satu lembaga yang lebih kuat dan mempunyai posisi kebijakan strategis, selain itu pula direkomendasikan bahwa Sistem Manajemen Mutu Terpadu Hasil Perikanan merupakan salah satu upaya untuk mencapai tingkat pemanfaatan potensi sumber daya perikanan secara berdayaguna dan berhasil guna, sekaligus melindungi masyarakat konsumen dari hal-hal yang merugikan dan membahayakan kesehatan, praktek-praktek yang bersifat penipuan dan pemalsuan dari produsen, membina produsen serta untuk meningkatkan daya saing produk perikanan.

KARANTINA KESEHATAN EPUB

Oleh karenanya direkomendasikan karantina kesehatan pembentukan suatu lembaga karantina Ikan yang terpadu dengan lembaga pembinaan dan pengujian mutu hasil perikanan 4. Alasan Efisiensi dan EfektiVitas Aspek efisiensi dan efektivitas pelayanan sertifikasi secara terpadu sebagai penjaminan kualitas karantina kesehatan perikanan quality assurance dalam rangka meningkatkan akses pasar produk perikanan.

Trend Internasional bahwa penjaminan kesehatan dan mutu produk perikanan berada dalam satu lembaga dalam rangka harmonisasi dan standardisasi, sebagai contoh: Pengalaman selama ini menunjukkan bahwa kurangnya keterpaduan, sinkronisasi, dan koordinasi telah menimbulkan berbagai permasalahan dalam pelaksanaan tugas yang harus ditangani.

KARANTINA KESEHATAN EPUB

Badan karantina ikan dan Pengendalian Mutu karantina kesehatan Keamanan Hasil Perikanan akan melaksanakan keterpaduan dalam pencegahan masuk dan tersebarnya Hama Penyakit Ikan Karantina, pengawasan dan pengendalian mutu produk perikanan dan pelayanan prima terhadap masyarakat.

Pusat Manajemen Mutu Sebagai salah satu karantina kesehatan peraturan perundangan yang berlaku khususnya untuk mengoptimalkan pencapaian tujuan pembangunan perikanan dan dalam rangka menghadapi Tuntuan penerapan Sistem jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan oleh negara mitra atau negara tujuan ekspor yang saat ini semakin ketat harus didukung dengan penerapan sistem manajemen mutu.

Pengembangan dan penerapan sistem tersebut harus dipastikan equivalen dengan ketentuan yang berlaku secara internasional dan negara mitra atau negara tujuan ekspor tertentu.

Otoritas kompeten tersebut mempunyai tanggungjawab dalam pelaksanaan pengendalian sistem jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan pada seluruh tahapan produksi, pengolahan dan distribusi.

Otoritas kompeten tersebut telah menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO: Selanjutnya melalui Peraturan Presiden Nomor 24 Tahun dibentuk Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan atau disebut BKIPM, yang diamanatkan sebagai institusi yang bertugas dan memiliki kompetensi untuk melindungi kelestarian sumberdaya hayati perikanan dari serangan hama penyakit berbahaya yang berpotensi merugikan karantina kesehatan tindakan karantina ikan, melakukan pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan baik yang diimpor ataupun yang diekspor.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 24 Tahun ditetapkan dibentuk suatu Badan setingkat eselon I karantina kesehatan lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang melaksanakan tugas perkarantinaan ikan, pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan yaitu Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan.



Related Posts: